Selasa, Desember 16, 2008

Iwan Purnama: Suka Eksekusi yang Cepat

Selasa, Desember 16, 2008

Lamanya product development di suatu perusahaan bisa menjadi alasan seseorang hengkang dari pekerjaannya. Salah satunya Iwan Purnama, Sales & Marketing Manager PT Faber-Castell International Indonesia. “Sebelumnya saya bekerja di bidang farmasi, dan memutuskan pindah ke Faber Castell tahun 2002 lalu,” ujarnya.

Jika membandingkan kedua pekerjaan tersebut, lanjut Iwan, di Faber Castell ia dituntut kreatif. Maklum saja, setiap tahun tim sales & marketing harus membuat program-program yang berbeda. Tujuannya, tentu saja untuk menarik minat konsumen dan agar tidak membosankan. Sementara di farmasi, eksekusi produk cenderung berjalan lambat karena harus dilatarbelakangi riset terlebih dulu.

“Di farmasi, tiga tahun belum tentu produk baru bisa di-launch. Hingga untuk aplikasi dan inovasi produk memakan waktu yang lama. Ini bertolak belakang dengan kepribadian saya yang lebih menyukai eksekusi dan aplikasi. Jadi, kreativitas tidak mandeg,” papar pria bertubuh jangkung ini. Tidak heran jika Iwan selalu mengarahkan timnya untuk membuat program bagus, misalnya kegiatan menggambar dengan Faber-Castell dalam akuarium hiu di Seaworld, Ancol.

Bisa dikatakan, tugas Iwan adalah menggiring timnya untuk sekreatif mungkin, agar inovasi produk terus berjalan. “Tapi, nilai konsistensi juga diperlukan agar brand Faber Castell tetap diingat konsumen dan terkenal. Hasil akhirnya, selain meningkatkan penjualan, para salesman juga bisa naik jabatan,” kata pria ini dengan bangga.

Fisamawati
MARKETING Edisi Desember 2008

0 komentar:

 
◄Design by Pocket